Cara Mempercepat PC Laptop Yang Lambat

 

CARA MEMPERCEPAT PC LAPTOP – Saat kita bekerja dan menggunakan laptop, akan lebih mudah jika kita bisa bekerja dengan cepat, mengerjakan semua tugas tanpa gangguan. Semua orang akan berada di sana saat pertama kali memiliki komputer pribadi (PC) portabel ini, sehingga mereka dapat melakukan banyak hal. Namun, secara berkala, perangkat harus lebih lambat dibandingkan saat baru. Seiring waktu, perluasan dan penumpukan berbagai file dan penggunaan terus menerus memperlambat mesin dan akhirnya memperlambat laptop.

Situasi ini membuat pekerjaan sehari-hari menjadi mudah dan memakan waktu, sehingga menurunkan produktivitas Anda. Jika Anda frustasi dan mengalami masalah seperti ini, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Tips Mengatasi PC/Laptop Lambat

Setelah mengetahui penyebab laptop lemot, sekarang kita tinggal mencoba mengatasi masalah tersebut dengan melakukan beberapa langkah jitu sebagai berikut.

1. Scan antivirus

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk memblokir dan mempercepat laptop yang lambat adalah memindai antivirus. Kami menyarankan Anda memiliki perangkat lunak antivirus dan Anda harus memindainya secara teratur.

Banyak virus yang ditemukan di laptop tanpa disadari dan langsung mempengaruhi laptop, sehingga kurang cepat dan mengganggu.

Karena berbagai efek program berbahaya dapat “tumbuh dan bertahan” di komputer Anda tergantung pada prosesor laptop, dan membuatnya lambat seiring pertumbuhan laptop.

2. Bersihkan laptop secara rutin

Seringkali dilupakan oleh Anda yang merawat laptop. Bersihkan laptop Anda secara teratur.

Jika laptop Anda dapat dibuka kuncinya, bersihkan laptop Anda, tetapi hati-hati, karena Anda harus membersihkan beberapa laptop dengan alat khusus, seperti pembersih laptop dan lainnya.

Kipas yang kotor, segala macam debu di laptop Anda, secara tidak langsung mengganggu kinerja mesin.

3. Cache cleaner

Biasa dikenal sebagai aplikasi untuk smartphone Android, salah satu aplikasi wajib bagi kamu yang memiliki laptop lemot adalah memasang aplikasi seperti CCleaner.

Dengan menggunakan aplikasi jenis ini, laptop lemot Anda akan dioptimalkan menjadi lebih cepat dengan menghapus berbagai file yang tidak diperlukan. Layaknya antivirus, aplikasi ini sangat mudah digunakan.

Anda dapat memilih berbagai kegunaan seperti membersihkan cache, cookie, dan riwayat atau menghapus aplikasi dengan mudah.

4. Tingkatkan kapasitas RAM

Salah satu solusi terbaik jika laptop Anda lambat adalah dengan menambah RAM.

Anda dapat menambah atau mengganti RAM, sehingga Anda dapat memberikan lebih banyak energi saat menjalankan banyak program, baik dalam satu waktu atau secara terpisah.

Apalagi banyak software saat ini yang begitu berat sehingga membutuhkan RAM sekitar 8GB untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

5. Buka aplikasi yang digunakan saja

Membuka terlalu banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan juga sangat mempengaruhi performa laptop. Coba buka aplikasi yang Anda butuhkan saat itu dan tutup aplikasi lain. Apalagi jika RAM laptop Anda hampir tidak mencukupi.

6. Buang aplikasi tidak terpakai

Terlalu banyaknya software di laptop Anda menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Belum lagi jika sering menginstal banyak aplikasi tetapi hanya sedikit yang digunakan.

Anda harus mulai menyingkirkan semua aplikasi yang tidak digunakan. Karena tentunya akan membuka banyak ruang untuk memory dan membantu laptop berjalan dengan optimal seperti semula.

7. Nonaktifkan fitur tak terpakai

Bagi Anda yang merupakan pengguna Windows 10, sistem operasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, seperti bayangan, animasi, dan efek visual lainnya.

Pada laptop yang lebih baru dan lebih cepat, ini jelas indah dan menarik. Mereka tidak punya masalah dengan performa laptop. Namun bagi Anda yang menggunakan laptop lama pasti akan mengganggu penggunaan dan aktivitas Anda.

Untuk mematikan fitur ini, Anda bisa dengan mudah. Cukup ketuk sysdm.cpl di kotak pencarian, pilih bagian Lanjutan, klik Pengaturan di bagian Kinerja. Kemudian kotak dialog akan terbuka. Dari sana Anda dapat memilih bagian mana yang ingin Anda nonaktifkan.

Nah itu dia cara mempercepat PC Laptop yang bisa kami berikan. Sampai bertemu di artikel Tekno Mania berikutnya, semoga bermanfaat!

Baca juga:

Penjelasan Lengkap Seputar VGA Yang Ada di Laptop

Iklan