4 Tips Ampuh Nonton YouTube Tanpa Buffering

 

TIPS Nonton YouTube Tanpa Buffering– Pastinya kesal, saat menonton video favorit Anda di YouTube, video macet dan terkadang proses bufferingnya memakan waktu. Padahal, secepat apa pun koneksi internet Anda, proses streaming akan tetap buffering karena di sinilah perangkat membaca data yang kemudian disiarkan. Adakah cara untuk mempercepat buffering YouTube? Berikut cara ampuh anti-buffering YouTube di komputer Anda!

Definisi: Buffer adalah proses mengunduh data sementara ke penyimpanan lokal Anda yang akan secara otomatis dihapus ketika video atau konten selesai diputar atau ditutup.

Cara Biar Nonton YouTube Gak Buffering

Berikut ini kami berikan empat cara agar nonton YouTube gak buffering lagi. Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Gunakan ekstensi

 

Unduh dan instal ekstensi SmartVideo pertama untuk Google Chrome atau Mozilla Firefox. Ekstensi ini akan memberi Anda akses cerdas saat Anda memposting video ke YouTube dan memberi Anda kendali saat Anda memiliki masalah buffer.

Oleh karena itu, Anda tetap dapat menonton video dengan lancar berdasarkan kecepatan internet Anda.

2. Gunakan player HTML5

 

Yang kedua adalah beralih menggunakan HTML5 player yang merupakan alternatif dari flash player.

Player HTML5 adalah pemutar video dan audio yang berbasis web dan didukung oleh browser modern. Pemutar ini memungkinkan pengguna untuk memutar konten multimedia tanpa memerlukan plugin tambahan seperti Adobe Flash.

Untuk menggunakan player HTML5, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan browser yang Anda gunakan mendukung HTML5. Sebagian besar browser modern seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, dan Microsoft Edge sudah mendukung HTML5 secara default.
  2. Pastikan konten multimedia yang ingin Anda putar telah disimpan dalam format yang didukung oleh HTML5, seperti MP4 untuk video dan MP3 untuk audio.
  3. Buka halaman web atau situs yang berisi konten multimedia yang ingin Anda putar.
  4. Klik tombol play pada pemutar video atau audio yang tersedia pada halaman web tersebut. Jika pemutar menggunakan teknologi HTML5, konten multimedia akan diputar secara otomatis tanpa memerlukan plugin tambahan.

Dengan menggunakan player HTML5, pengguna dapat menghindari masalah keamanan yang mungkin terkait dengan penggunaan plugin tambahan seperti Adobe Flash. Selain itu, pengguna juga dapat menghemat waktu dan usaha karena tidak perlu mengunduh dan menginstal plugin tambahan terlebih dahulu sebelum memutar konten multimedia.

Tidak seperti flash player yang menggunakan memori dan daya, HTML5 menggunakan sangat sedikit memori dan memberikan dukungan untuk media lain seperti ponsel dan tablet.

3. Gunakan Google DNS

 

Ketiga, menggunakan Google DNS, terkadang kecepatan internet lambat tidak selalu menjadi kesalahan penyedia internet. Mungkin ada masalah dengan pengaturan DNS di komputer Anda.

Google DNS adalah layanan DNS (Domain Name System) yang disediakan oleh Google. DNS berfungsi sebagai penerjemah antara nama domain website dengan alamat IP yang sesuai. Dengan menggunakan Google DNS, pengguna dapat mempercepat koneksi internet, meningkatkan keamanan, dan menghindari pemblokiran akses ke situs tertentu.

Untuk menggunakan Google DNS, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan Jaringan pada perangkat Anda.
  2. Pilih jaringan yang sedang digunakan.
  3. Klik opsi “Ubah Pengaturan” atau “Advanced”.
  4. Pilih opsi “DNS” atau “Name Servers”.
  5. Masukkan alamat IP Google DNS: 8.8.8.8 dan 8.8.4.4.
  6. Simpan pengaturan dan restart perangkat Anda.

Setelah itu, pengguna sudah dapat menggunakan Google DNS dan menikmati keuntungannya. Namun, perlu diingat bahwa beberapa provider internet mungkin memblokir penggunaan DNS pihak ketiga. Jika ini terjadi, pengguna dapat mencoba menggunakan VPN atau menghubungi provider internet untuk meminta akses ke Google DNS.

Nah, solusinya adalah dengan menggunakan layanan DNS alternatif.

4. Sesuaikan resolusi

 

Yang keempat adalah memilih kualitas video di YouTube. Proses buffering tergantung dari sumber videonya juga, Youtube sendiri punya pilihan lengkap untuk menentukan kualitas video, mulai dari 144p hingga 8k.

Untuk kecepatan di Indonesia jika ingin berjalan lancar pilih 480p dengan koneksi 1Mbps. Untuk 720p, membutuhkan setidaknya koneksi internet 3Mbps untuk streaming yang lancar.

Itu dia empat tips ampuh nonton YouTube tanpa buffering yang bisa kami berikan. Sampai bertemu di artikel Tekno Mania berikutnya,

semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tips Menjaga Data Privasi di Internet Dari Ancaman Hacker

Iklan