4 Jenis Software Pada PC Beserta Fungsi Lengkapnya

 

Jenis Software Pada PC Beserta Fungsinya – Aplikasi atau software dibutuhkan pada setiap perangkat elektronik seperti smartphone, komputer dan laptop. Adanya aplikasi ini dapat mendukung kemampuan perangkat elektronik dalam menjalankan fungsinya.

Jika suatu alat elektronik tidak dilengkapi dengan aplikasi atau software, sama dengan alat elektronik di masa lalu yang memiliki kemampuan terbatas. Hingga dengan adanya aplikasi ini, fungsi perangkat elektronik dapat dimaksimalkan dan digunakan untuk membantu kebutuhan penggunanya.

Aplikasi atau perangkat lunak tersedia dalam berbagai jenis dan dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Sehingga tidak semua aplikasi harus diinstal di setiap perangkat elektronik.

Jenis-jenis Software PC Beserta Fungsinya

Berikut penjelasan dari beberapa jenis software atau aplikasi yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Software Antivirus

 

Perangkat lunak antivirus adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melindungi perangkat dari virus. Dimana, tujuan dari software ini adalah untuk mengamankan, mendeteksi dan menghapus virus dari perangkat komputer kita.

Penting untuk memiliki perangkat lunak antivirus di setiap perangkat komputer. Mengapa? Karena virus ini dapat merusak data yang tersimpan di perangkat komputer, sehingga data tersebut dapat dicuri atau dihapus. Bahkan dengan perangkat lunak antivirus yang sudah diinstal pada perangkat kita, ini akan memudahkan perangkat lunak antivirus untuk mendeteksi apakah komputer atau perangkat tersebut terinfeksi virus atau tidak.

Contoh software antivirus yang bisa digunakan adalah Avast Free Antivirus, Bitdefender Antivirus Free Edition, Avira Free Antivirus, Kaspersky Free Antivirus, AVG Free Antivirus, dan 360 Total Security, dan masih banyak lagi contoh software antivirus yang bisa Anda gunakan dengan mudah.

2. Software Perkantoran

 

Software perkantoran seringkali dibutuhkan dalam menjalankan pekerjaan kantor. Tidak hanya itu, software ini juga digunakan di berbagai bidang.

Perangkat lunak perkantoran biasanya disertakan dalam satu paket sehingga banyak fungsi yang dapat dijalankan. Seperti presentasi, pengolahan data, pembuatan dokumen, grafik, hingga komunikasi. Salah satu vendor perangkat lunak perkantoran yang paling banyak digunakan adalah Microsoft.

Microsoft menyediakan berbagai software office dengan fungsi dan tujuannya masing-masing. Hingga satu paket yang disediakan oleh Microsoft, telah mencapai semua perangkat lunak aplikasi perkantoran yang diperlukan, seperti MSs Excel, Ms Word, Ms PowerPoint, Ms Outlook, dan sebagainya.

3. Software VIdeo Editor

 

Perangkat lunak pengeditan video digunakan untuk pengeditan video. Tujuannya agar video yang dihasilkan menarik dan relevan. Karenanya, editor video ini cukup populer di kalangan banyak orang.

Apalagi bagi mereka yang bekerja di bidang editing video, videografi, dan sejenisnya. Sehingga kemampuan menggunakan software video editing kini sedang populer karena banyak hal yang bisa dilakukan melalui video.

Contoh software editing video sederhana dan canggih yang banyak digunakan adalah Camtasia Studio 8, Adobe Premiere Pro, Sony Vegas, Windows Movie Maker, Corel Video Studio X7, Cyberlink PowerDirector, Lightworks, OpenShot dan lain sebagainya. Masih banyak software edit video yang bisa digunakan dengan mudah. Penggunaan software video editing ini dapat disesuaikan dengan kemampuan dan spesifikasi perangkat yang Anda miliki.

4. Software Browser

 

Perangkat lunak browser atau mesin pencari disebutkan. Software browser ini banyak digunakan dan dibutuhkan dalam mencari informasi menggunakan Google, salah satu contohnya. Dengan menggunakan browser, semua informasi yang Anda butuhkan dapat ditemukan dengan mudah dan cepat. Hanya dengan menggunakan perangkat dan jaringan internet yang ada.

Perangkat lunak browser yang paling banyak digunakan adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Opera, dan sebagainya. Penggunaan software browser ini dapat disesuaikan dengan kebiasaan Anda dalam mencari informasi dan menggunakan software tersebut. Jadi tidak ada batasan dan batasan penggunaan software browser tertentu.

Itu dia empat jenis software PC beserta fungsinya yang bisa kami berikan. Sampai bertemu di artikel Tekno Mania berikutnya, semoga bermanfaat!

Baca juga:

Iklan