11 Tips Belajar Efektif Di Rumah Saat Pandemi

 

Tips belajar efektif di rumah

  1. Belajar dasar-dasar

Metode belajar dari dasar merupakan hal yang sangat penting. Dengan memahami sesuatu dari dasar maka kita juga akan mampu memahami suatu materi secara berkelanjutan. Karena suatu materi terbentuk dari hal yang paling dasar. Misal untuk belajar integral pasti kita harus menguasai operasi bilangan matematika terlebih dahulu.

 

  1. Buat target

Dalam belajar menentukan target belajar merupakan salah  satu hal yang efektif. Dengan membuat target belajar  kita akan lebih tau pencapaian belajar kita. Selain itu, penargetan belajar dapat memotivasi  diri kita agar leehib semangat.

 

  1. Buat list belajar harian

Pembuatan list harian adalah awal dari proses suatu pembelajaran. Dengan pembuatan list belajar harian  kita akan tau apa saja yang akan kita pelajari setiap harinya secara bertahap.

 

  1. Kurangi distraksi

Distraksi atau gangguan merupakan dalah satu hal yang menghambat dalam belajar. Distraksi biasanya terjadi dari faktor luar seperti pekerjaan dan smartphone. Dalam belajar kita harus mengurangi distraksi ini agar belajar kita lebih efektif dan lebih fokus.

 

  1. Cahaya harus maksimal

Belajar di tempat yang cerah atau terang akan membuat mata dan otak kita tidak pusing. Oleh sebab itu, pencahayaan merupakan faktor utama pendukung proses belajar di rumah. Dengan cahaya yang terang kita akan lebih fokus.

 

 

Tips belajar efektif di masa pandemi

  1. Pembelajaran mode daring

Pembelajaran mode daring merupakan pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung yang dilakukan dengan menggunakan internet dalam pelaksanaannya. Pembelajaran mode daring dapat menggunakan beberapa teknologi seperti online course, online meeting,  video pembelajaran, dan sebagainya.

 

  1. Gunakan kuota internet dengan bijak

Pengguanaan kuota internet saat pembelajaran daring merupakan salah satu hal yang utama yang mempengaruhi lancarnya suatu pembelajaran. Bahkan pemerintah saat ini memberikan subsidi kuota internet untuk belajar dari jenjang SD sampai kuliah. Akan tetapi, terkadang penggunaan kuota disalah gunakan untuk hal yang tidak berguna, seperti untuk game atau media sosial. Penggunaan kuota belajar yang bijak adalah salah satu cara meningkatkan ke efektifan dalam belajar di masa pandemi.

 

  1. Buat grub online

Membuat grub online dalam belajar merupakan salah satu cara dalam belajar di masa pandemi. Grub online membantu kita dalam menyelesaikan masalah jika kita tidak mampu menyelesaikan dengan sendiri. Selain itu, grub online juga bisa jadi tempat untuk diskusi atau bertukar pengalaman.

 

  1. Ikuti ujian online

Ujian online sangat membantu kita dalam belajar di rumah. Karena dengan ujian online kita akan tau sampai dimana kemampuan kita jika dibandimngkan dengan orang lain. Jadi, dengan ujian online akan menambah motivasi kita untuk belajar sehingga lebih unggul dari pada orang lain.

 

 

  1. Memanfaatkan fasilitas yang tersedia

Penggunaan fasilitas dalam belajar di masa pandemi adalah hal yang penting. Fasilitas membantu proses menerima dan mengerjakan suatu materi atau tugas. Sekarang, fasilitas sudah banyak macamnya seperti laptop, smartphone, dan ipad. Kita harus memanfaatkan fasilitas yang tersedia untuk belajar dengan sungguh-sungguh.

 

Tips belajar efektif dan efisien

  1. Pahami konsep

Memahami konsep dalam belajar adalah hal yang paling dasar. Dengan memahami konsep kita dapat mengembangkan suatu ilmu yang lebih dari konsep yang sudah kita pahami.

 

  1. Merangkummateri

Materi yang diberikan biasanya terlalu banyak dalam penyampaiannya. Dalam belajar secara efektif dan efisien acaranya  adalah dengan merangkum materi yanng sudah disampaikan. Merangkum materi akan membantu kita dalam memahami suatu materi yang diajarkan. Selain itu, dengan merangkum materi kita terbiasa dengan materi sehingga secara tidak langsung akan menyimpan dalam otak kita.

 

  1. Mengerti bukanmenghafal

Menghafal kadang sering dilakukan saat atau menjelang ujian. Akan tetapi, cara tersebut kurang efektif. Agar belajar lebih efektif utamakan terlebih dahulu dalam mengerti teori. Dengan begitu, apabila kita lupa dengan hafalan, kita bisa menggunakan teori yang sudah kita pahami. Mengerti juga cara  yang mudah jika dibandingkan dengan menghafal lho.

 

  1. Eliminasi distraksi

Distraksi atau gangguan merupakan dalah satu hal yang menghambat dalam belajar. Distraksi biasanya terjadi dari faktor luar seperti pekerjaan dan smartphone. Dalam belajar kita harus mengurangi distraksi ini agar belajar kita lebih efektif dan efisien dalam belajar.

 

  1. Target

Target belajar adalah salah satu hal yang penting dalam belajar sesuatu. Sehingga kita akan terus belajar sampai target kita tercapai. Penentuan target belajar yang pasti harus di atas kemampuan kita pada saat sebelum belajar. Sehingga, target belajar merupakan cara yang efektif dan efisien dalam memberikan semangat atau motivasi kepada diri sendiri.

 

  1. Suasananyaman

Dalam belajar sesuatu faktor yang mempengaruhi tingkat ke efektifan dalam belajar yaitu suasana. Suasana yang nyaman akan mempengaruhi dalam proses penerimaan materi yang diberikan. Banyak cara untuk menjadikan suasana menjadi nyaman seperti mendengarkan musik, belajar di tempat yang hening, atau belajar di ruang yang sejuk.

 

  1. Stasiun pengecasan

Stasiun pengecasan dalam belajar merupakan hal yang jarang dilakukan. Setiap belajar secara marathon, istirahat juga sangat penting dalam merelaksasikan kinerja otak. Belajar yang efektif dilakukan dengan belajar 30 menit, setelah itu istirahat 10 menit, kemudian belajar lagi. Hal tersebut dinilai lebih efisien dalam berfikir atau fokus dalam belajar.

 

  1. Mindset “tanggung”

Mindset “tanggung” merupakan cara belajar yang jarang diketahui. Biasanya saat belajar atau mengerjakan latihan soal biasakan kita dalam berfikir tanggung. Misal saat kita mengerjakan soal no.7, mindset kita harus berfikir “ahh nanggung dikit lagi”. Dengan begitu, kita akan melanjutkan mengerjakan soal sampai tak terasa semua soal sudah selesai dikerjakan.

 

  1. Tingkatkan standar

Peningkatan standar belajar juga akan pengaruh efektifitas pembelajaran. Jika, kita hari ini belajar dengan waktu 25 menit, besok harus meningkatkan standar dengan belajar 30 menit, sampai seterusnya. Sehingga kita menjadi terbiasa belajar dengan waktu yang lama, dan siklus itulah yang menjadi kebiasaan yang baik dan belajar.

 

 

  1. What to expect

What to expect adalah tentang ekspetasi apa yang harus kita harapkan supaya kita tau progres yang signifikan. Perubahan yang kita lakukan biasanya  tidak terasa dalam satu atau dua hari, akan tetapi dalam 3 minggu atau 1 bulan yang akan datang. Intinya dalam belajar tidak perlu berekspetasi tinggi dari teori yang kita pelajari. Suatu ilmu akan pelan-pelan peningkatannya, sejalan dengan kebiasaan kita dalam belajar.

Baca juga Cara Mendaftar Beasiswa Pendidikan Indonesia

Iklan