Tulisan Arab Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Arti Wa Alaikum Salam (وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ)

Wa alaikum salam adalah ungkapan dalam bahasa Arab yang berarti “dan juga atasmu sejahtera”. Ini adalah jawaban dalam bentuk sapaan formal dalam Islam pada saat seseorang memulai pembicaraan dengan mengatakan salam, seperti “assalamu alaikum”. Wa alaikum salam adalah bentuk balasan formal dan sopan untuk menunjukkan rasa hormat dan kebaikan hati.

Tulisan Arab

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Tulisan Latin

Wa alaikum Salam Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Bahasa Inggris

And may the peace, mercy, and blessings of Allah be upon you

Artinya

Dan keselamatan atas kalian dan rahmat Allah dan keberkahan-Nya

 

Hukum Mengucapkan Salam Dalam Islam

Mengucapkan salam atau salam memiliki hukum wajib dalam Islam. Dalam Islam, mengucapkan salam atau salam merupakan bentuk pengakuan dan penerimaan dalam hubungan sosial antar sesama muslim.

Berikut beberapa dalil dari Al-Qur’an dan Hadits tentang hukum mengucapkan salam:

  1. Al-Qur’an: “Dan bila kamu bertemu dengan orang-orang yang beriman, maka ucapkanlah salam kepada mereka” (QS. An-Nisa’: 86)
  2. Hadits: Dari Anas bin Malik ra, ia berkata, “Rasulullah saw bersabda, ‘Tiga perkara yang tidak ada pada seseorang kecuali dia termasuk orang-orang yang buruk: jika ia bertemu dengan seseorang, ia tidak mengucapkan salam kepadanya; jika ia mengundang orang, ia tidak menyambut undangan yang diterimanya; dan jika ia meminta sesuatu, ia tidak membalas budi.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  3. Hadits: Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya seseorang tidak memiliki iman yang sempurna sampai ia mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari)

Dari beberapa dalil di atas, jelas bahwa mengucapkan salam sangat penting dalam Islam, sebagai bentuk penerimaan dan pengakuan terhadap sesama muslim. Kita harus memiliki sikap baik dan saling menghormati sesama muslim, seperti yang dianjurkan dalam Al-Qur’an dan Hadits.

Iklan