Perbedaan Generalisasi Dengan Include dan Extend Use Case

Perbedaan Generalisasi Dengan Include dan Extend Use Case
Perbedaan Generalisasi Dengan Include dan Extend Use Case

Generalisasi dan include merupakan dua konsep dalam UML (Unified Modeling Language) yang digunakan untuk menggambarkan relasi antar objek dalam suatu sistem.

Generalisasi adalah hubungan antar objek dimana objek turunan memiliki semua karakteristik dari objek induk, plus beberapa karakteristik tambahan. Ini merupakan hubungan inheritance (warisan) dan bisa digambarkan dengan menggunakan tanda panah berarah ke atas dari objek turunan ke objek induk.

Include adalah hubungan antar objek dimana objek pertama memiliki semua karakteristik dari objek kedua, namun objek kedua tidak memiliki semua karakteristik dari objek pertama. Ini digambarkan dengan menggunakan tanda segitiga dari objek pertama ke objek kedua.

Sementara extend adalah hubungan antar objek dimana objek pertama memperluas atau menambahkan karakteristik dari objek kedua. Ini digambarkan dengan menggunakan tanda panah berarah dan bergaris putus-putus dari objek pertama ke objek kedua.

Pengertian Use Case Diagram

 

Use Case Diagram adalah salah satu diagram dalam UML (Unified Modeling Language) yang digunakan untuk menggambarkan interaksi antara sistem dengan aktor atau pengguna dalam suatu sistem. Diagram ini membantu untuk memahami dan menentukan tugas-tugas apa saja yang harus dilakukan oleh sistem, dan bagaimana interaksi antara sistem dengan aktor atau pengguna.

Use Case Diagram menggambarkan tugas-tugas (use case) yang harus dilakukan oleh sistem, dan bagaimana interaksi antara sistem dengan aktor atau pengguna. Tugas-tugas ini biasanya merupakan tugas yang memiliki nilai bagi pengguna atau aktor. Dalam diagram, use case ditunjukkan dengan lingkaran, sementara aktor atau pengguna ditunjukkan dengan bentuk manusia atau entitas lain yang berinteraksi dengan sistem.

Contoh Use Case Diagram

Sebagai contoh, kita akan membuat Use Case Diagram untuk sistem bank. Dalam sistem bank, ada beberapa tugas yang harus dilakukan oleh aktor seperti nasabah, teller, dan sistem bank. Tugas-tugas tersebut antara lain:

  1. Nasabah melakukan deposit
  2. Nasabah melakukan withdrawal
  3. Teller melakukan transfer uang antar rekening
  4. Sistem bank melakukan pengecekan saldo

Berikut adalah Use Case Diagram untuk sistem bank tersebut:

Use Case Diagram for Banking System | Use case, Diagram, Case

Dalam diagram di atas, terdapat tiga aktor yaitu nasabah, teller, dan sistem bank. Kemudian terdapat empat use case yaitu deposit, withdrawal, transfer uang antar rekening, dan pengecekan saldo. Interaksi antara aktor dengan use case ditunjukkan dengan garis yang menghubungkan kedua elemen tersebut.

Fungsi utama dari Use Case

Fungsi utama dari Use Case adalah untuk membantu dalam menentukan dan memahami tugas-tugas apa saja yang harus dilakukan oleh sistem dan bagaimana interaksi antara sistem dengan aktor atau pengguna. Beberapa fungsi utama dari Use Case adalah:

  1. Mendefinisikan tugas-tugas (use case) yang harus dilakukan oleh sistem: Use Case membantu dalam menentukan tugas-tugas apa saja yang harus dilakukan oleh sistem dan bagaimana tugas-tugas tersebut terkait dengan aktor atau pengguna.
  2. Membantu dalam komunikasi antara tim: Use Case membantu dalam menjelaskan tugas-tugas sistem kepada tim, sehingga mempermudah komunikasi antara tim dan meminimalkan kemungkinan terjadinya kesalahpahaman.
  3. Membantu dalam menentukan spesifikasi sistem: Use Case membantu dalam menentukan spesifikasi sistem, termasuk interaksi antara sistem dan aktor, tugas-tugas yang harus dilakukan oleh sistem, dan tugas-tugas yang harus dilakukan oleh aktor.
  4. Membantu dalam menentukan tahapan-tahapan pengembangan sistem: Use Case membantu dalam menentukan tahapan-tahapan pengembangan sistem, termasuk tugas-tugas yang harus dilakukan pada setiap tahapan, dan tugas-tugas yang harus dilakukan oleh tim pengembang.
  5. Membantu dalam menentukan uji coba sistem: Use Case membantu dalam menentukan uji coba sistem, termasuk tugas-tugas yang harus dilakukan pada setiap tahap uji coba, dan tugas-tugas yang harus dilakukan oleh tim tester.

Dengan menggunakan Use Case, kita bisa memahami tugas-tugas apa saja yang harus dilakukan oleh sistem, bagaimana interaksi antara sistem dan aktor, dan tugas-tugas apa saja yang harus dilakukan oleh tim pengembang dan tim tester.

Kesimpulan

Use Case Diagram merupakan diagram yang sangat berguna dalam memahami dan menentukan tugas-tugas apa saja yang harus dilakukan oleh sistem, dan bagaimana interaksi antara sistem dengan aktor atau pengguna. Dengan menggunakan diagram ini, kita bisa lebih mudah memahami sistem dan menentukan tugas-tugas apa saja yang harus dilakukan oleh sistem dan aktor.

Pos terkait