Affiliate Marketing Adalah ?

 

Affiliate Marketing Adalah ? Salah satunya mode usaha yang terkenal di dunia internet marketing atau usaha di internet ialah affiliate marketing.

Satu orang yang baru belajar internet marketing, sering belajar mengenai affiliate marketing sebab prosedurnya lebih gampang dibandingkan membuat serta jual produknya sendiri. Anda dapat membaca artikel 17 Kelebihan Affiliate Marketing bila ingin tahu apa kelebihan dari affiliate marketing.

Ok kembali pada tema : Apakah itu affiliate marketing ?

Affiliate marketing itu sebetulnya mode usaha yang dari dahulu telah ada, hanya namanya saja yang saat ini terlihat hebat, walau sebenarnya dari dahulu kegiatan usaha semacam ini telah ada yakni usaha makelar atau penghubung 🙂

Perbedaannya hanya affiliate marketing itu bekerjanya di dunia internet / online hingga bisa disebutkan makelar online he..he.. Jangan tersingung ya disebutkan makelar, saya affiliate marketer, jadi satu orang makelar, sama 🙂

Contoh Masalah Marketing Off line

Contoh marketing off line atau makelar di dunia riil yang mudah dikisahkan ialah di usaha layanan pernikahan. Seumpama salon A ialah penyuplai pakaian pengantin serta make-up buat calon pengantin. Si Wati pas dengan disain pakaian pengantin salon A serta putuskan untuk ambil paket yang disiapkan salon A yakni pakaian pengantin serta make-up / rias pengantin.

Bila pemilik salon A ialah orang yang pandai jualan (banyak orang salon memang pandai jualan), ia akan tawarkan ke si Wati untuk ambil sekaligus dekorasi panggung pengantin pada harga yang menurut pemilik salon A ialah bagus dan murah. Tentunya pesannya harus melalui pemilik salon A supaya bisa tambah murah. Ingat kata kuncinya ‘lewat‘.

Si Wati sepakat untuk pesan dekorasi panggung pengantin melalui pemilik salon A. Belum usai sampai di sini, si pemilik salon A bertanya kembali pada si Wati, apa telah pesan mobil pengantin. Tentunya umumnya belum, kan masih 3 bulan nikahnya. Jadilah si Wati tidak hanya beli pakaian pengantin serta paket rias di salon A, pesan mobil pengantin serta dekorasi panggung melalui si pemilik salon A.

Si pemilik salon A jelas akan terima komisi dari pemilik layanan dekorasi panggung serta pemilik layanan sewa mobil pengantin. Ini ialah jalinan yang win-win atau menang-menang.

Si Wati jadi tidak ribet harus cari layanan dekorasi panggung serta sewa mobil pengantin, serta dapat juga memperolehnya pada harga tambah murah. Si pemilik salon A bisa komisi. Si penyuplai layanan dekorasi panggung serta layanan persewaan mobil pengantin suka juga sebab mereka bisa order tak perlu cari , meskipun mereka harus bayar sedikit komisi.

Nah, itu langkah kerja marketing off line.

Cara Kerja Affiliate Marketing / Marketing Online

Nah saat ini bagaimanakah cara kerja marketing online atau affiliate marketing ? Lihat diagram berikut ini untuk lebih detilnya.

 

Dengan simpel dapat diterangkan pekerjaan penting dari satu orang affiliate marketer ialah mengirim pengunjung / pengunjung sebanyaknya ke web merchant / toko. Waktu pengunjung / pengunjung itu lakukan pembelian atau lakukan satu transaksi di web merchant, si merchant akan tahu jika pengunjung itu hadir dari Anda serta oleh karenanya Anda akan dikasih komisi oleh merchant itu.

Bagaimana si merchant dapat tahu pengunjung itu hadir dari Anda ?

Saat satu orang pengunjung yang hadir ke web affiliate Anda serta meng-klik satu link yang membawanya ke web merchant, saat itu sebetulnya ada proses di belakang monitor yang berlangsung.

Satu cookie, satu arti tehnis, yang sebetulnya ialah satu file kecil yang di taruh di computer konsumen waktu mereka meng-klik link ke web merchant. Cookie ini bermanfaat untuk memberi tahu si merchant jika pengunjung / pengunjung barusan hadir dari affiliate / makelar yang mana hingga tidak berlangsung si merchant salah memberi komisi ke affiliate lain.

Yah hanya hanya itu sebetulnya affiliate marketing.

Simpel bukan ? Ya benar-benar simpel, apa gampang ? Tidak selamanya. Anda butuh lakukan kerjanya untuk sukses di affiliate marketing, sama dengan usaha apa pun. Ingat ini satu usaha, bukan satu lotere 🙂

Di luar negeri, sebagian besar merchant / toko yang jual produk serta layanan mempunyai program affiliate. Dari nama besar seperti : Walmart, Home Depot, eBay, Yahoo, Dell, HP, Sony sampai merchant-merchant kecil yang kemungkinan tidak pernah Anda dengar namanya.

Ada beberapa ribu atau serta beberapa puluh ribu merchant yang mempunyai program affiliate. Hingga jadi satu orang affiliate marketer, Anda tidak pernah kekurangan produk / layanan yang ingin dipromosikan. Malah sebaliknya, Anda sering akan bingung ingin mempromokan produk / layanan / penawaran yang mana. Waktu tiap orang cuma optimal 24 jam, oleh karenanya Anda harus selektif pilih merchant atau program affiliate yang mana yang ingin Anda promokan.

Baca juga : 4 Jenis Affiliate Marketing Paling Populer

Iklan