Kumpulan Kata Kerja Jidoushi Tadoushi

Kumpulan Kata Kerja Jidoushi Tadoushi
Kumpulan Kata Kerja Jidoushi Tadoushi

Kumpulan Kata Kerja Jidoushi Tadoushi

Kumpulan kata kerja jidoushi (自動詞) adalah kata kerja yang menunjukkan tindakan yang dilakukan oleh subjek secara mandiri, tanpa bantuan dari objek lain. Contoh kata kerja jidoushi adalah “berjalan”, “tidur”, dan “memikirkan”.

Sedangkan kumpulan kata kerja tadoushi (他動詞) adalah kata kerja yang menunjukkan tindakan yang dilakukan oleh subjek terhadap objek lain. Contoh kata kerja tadoushi adalah “memukul”, “memotong”, dan “mengirim”.

Jidoushi Cara Baca (Arti) Tadoushi Cara Baca (Arti)
離れる(はなれる) hanareru (berpisah, meninggalkan) 離す(はなす) hanasu (memisahkan, melepaskan)
外れる(はずれる) hazureru (copot, terlepas) 外す(はずす) hazusu (melepaskan, menyingkirkan)
倒れる(たおれる) taoreru (jatuh, rubuh) 倒す(たおす) taosu (menjatuhkan)
汚れる(よごれる) yogoreru (kotor, ternoda) 汚す(よごす) yogosu (mengotori, mencemari)
現れる(あらわれる) arawareru (muncul, kelihatan) 現す(あらわす) arawasu (memperlihatkan mengungkapkan, menyatakan)
壊れる(こわれる) kowareru (rusak, pecah, patah) 壊す(こわす) kowasu (merusakkan, menghancurkan)
潰れる(つぶれる) tsubureru (hancur, runtuh) 潰す(つぶす) tsubusu (menghancurkan, meruntuhkan)
乱れる(みだれる) midareru (berantakan, menjadi kacau) 乱す(みだす) midasu (mengacaukan)
こぼれる koboreru (tumpah) こぼす kobosu (menumpahkan)

Penjelasan Jidoushi Secara Singkat

Kata kerja jidoushi atau yang juga dikenal sebagai kata kerja diri (自動詞) adalah kata kerja yang menunjukkan tindakan yang dilakukan oleh subjek secara mandiri tanpa bantuan dari objek lain. Kata kerja jidoushi sangat penting dalam pemahaman bahasa Jepang karena digunakan dalam kalimat yang menjelaskan aktivitas atau perasaan subjek. Contohnya, kata kerja “berjalan” adalah kata kerja jidoushi yang menunjukkan bahwa subjek sedang melakukan tindakan berjalan secara mandiri tanpa bantuan dari objek lain.

Selain itu, kata kerja jidoushi juga digunakan untuk menjelaskan perasaan subjek. Contohnya, kata kerja “merasa” atau “kanashii” (悲しい) adalah kata kerja jidoushi yang menunjukkan bahwa subjek merasa sedih tanpa ada objek lain yang menyebabkan perasaan tersebut.

Kata kerja jidoushi juga digunakan dalam kalimat yang menjelaskan proses atau keadaan. Contohnya, kata kerja “tumbuh” atau “sakasou” (増える) adalah kata kerja jidoushi yang menunjukkan bahwa subjek tumbuh tanpa ada objek lain yang menyebabkan proses tersebut.

Secara umum, kata kerja jidoushi sangat penting dalam pemahaman bahasa Jepang karena digunakan dalam kalimat yang menjelaskan aktivitas, perasaan, dan proses yang dilakukan oleh subjek. Menguasai kata kerja jidoushi akan membantu dalam pemahaman kalimat dan pembentukan kalimat yang benar dalam bahasa Jepang.

Kata Kerja yang Hanya Bisa Digunakan Sebagai Jidoushi

Di sisi lain, ada juga beberapa kata kerja bahasa Jepang yang hanya bisa digunakan sebagai jidoushi. Kata kerja ini disebut mutsui-jidoushi, atau secara harfiah diartikan jidoushi yang tidak memiliki pasangan. Di antaranya adalah sebagai berikut :

Kata Kerja Cara Baca (Arti)
行く(いく) iku (pergi)
来る(くる) kuru (datang)
走る(はしる) hashiru (berlari)
歩く(あるく) aruku (jalan kaki)
いる iru (ada untuk benda hidup)
ある aru (ada untuk benda mati)
なる naru (menjadi)
動く(うごく) ugoku (bergerak)
泳ぐ(およぐ) oyogu (renang)
座る(すわる) suwaru (duduk)
住む(すむ) sumu (tinggal, menetap)
泣く(なく) naku (menangis)
笑う(わらう) warau (tertawa)
会う(あう) au (bertemu)
別れる(わかれる) wakareru (putus, berpisah)
気づく(きづく) kidzuku (menyadari)
勝つ(かつ) katsu (menang)
負ける makeru (kalah)

Penjelasan Tadoushi Secara Singkat

Kata kerja tadoushi atau yang juga dikenal sebagai kata kerja lain (他動詞) adalah kata kerja yang menunjukkan tindakan yang dilakukan oleh subjek terhadap objek lain. Kata kerja tadoushi sangat penting dalam pemahaman bahasa Jepang karena digunakan dalam kalimat yang menjelaskan tindakan yang dilakukan oleh subjek terhadap objek lain. Contohnya, kata kerja “memukul” adalah kata kerja tadoushi yang menunjukkan bahwa subjek sedang melakukan tindakan memukul objek lain.

Selain itu, kata kerja tadoushi juga digunakan dalam kalimat yang menjelaskan tindakan yang dilakukan oleh subjek terhadap benda atau benda mati. Contohnya, kata kerja “memotong” atau “kiru” (切る) adalah kata kerja tadoushi yang menunjukkan bahwa subjek sedang melakukan tindakan memotong benda atau benda mati.

Kata kerja tadoushi juga digunakan dalam kalimat yang menjelaskan tindakan yang dilakukan oleh subjek terhadap sesuatu yang abstrak. Contohnya, kata kerja “mengirim” atau “tsukeyou” (使う) adalah kata kerja tadoushi yang menunjukkan bahwa subjek sedang melakukan tindakan mengirim sesuatu yang abstrak.

Secara umum, kata kerja tadoushi sangat penting dalam pemahaman bahasa Jepang karena digunakan dalam kalimat yang menjelaskan tindakan yang dilakukan oleh subjek terhadap objek lain, benda, atau sesuatu yang abstrak. Menguasai kata kerja tadoushi akan membantu dalam pemahaman kalimat dan pembentukan kalimat yang benar dalam bahasa Jepang.

Kata Kerja yang Hanya Bisa Digunakan Sebagai Tadoushi

Kata Kerja Cara Baca (Arti)
読む(よむ) yomu (membaca)
書く(かく) kaku (menulis)
感じる(かんじる) kanjiru (merasakan)
疑う(うたがう) utagau (mencurigai, meragukan)
休む(やすむ) yasumu (libur, beristirahat)
知る(しる) shiru (mengetahui)
願う(ねがう) negau (mengharapkan, memohon)
望む(望む) nozomu (mengharapkan, menginginkan)
教える(おしえる) oshieru (mengajarkan, memberi tahu)
考える(かんがえる) kan’gaeru (memikirkan)
忘れる(わすれる) wasureru (melupakan)
嫌う(きらう) kirau (membenci)

 

 

 

 

 

 

Pos terkait