Moraimasu Artinya

“Moraimasu” adalah kata yang sering digunakan dalam bahasa Jepang untuk mengucapkan terima kasih atau terima kasih banyak. Kata ini merupakan bentuk masu dari kata “morau”, yang berarti “menerima”. Jadi, “moraimasu” secara harfiah berarti “saya menerima (sesuatu)” atau “saya menerima kebaikanmu”.

Kata “moraimasu” biasanya digunakan dalam situasi formal atau ketika seseorang ingin mengucapkan terima kasih dengan lebih sopan. Namun, kata ini juga dapat digunakan dalam situasi informal dengan cara menambahkan kata “da” setelah “moraimasu”, sehingga menjadi “moraimasu da”, yang berarti “terima kasih banyak”.

Selain “moraimasu”, ada juga beberapa kata lain yang sering digunakan dalam bahasa Jepang untuk mengucapkan terima kasih, seperti “arigatou” yang berarti “terima kasih” dan “domo arigatou” yang berarti “terima kasih banyak sekali”.

Penggunaan Moraisu Dalam Bahasa Jepang

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata “moraimasu” dalam kalimat bahasa Jepang:

  1. “Moraimasu gozaimasu” – Ini adalah cara yang sopan untuk mengucapkan terima kasih banyak.
  2. “Sumimasen, jikou ga arimasu. Moraimasu” – Ini adalah cara untuk mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan.
  3. “Domo arigatou gozaimasu” – Ini adalah cara yang lebih sopan untuk mengucapkan terima kasih banyak sekali.
  4. “Arigatou gozaimasu. Eigo ga sukoshi wakarimasu” – Ini adalah cara untuk mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan dan juga menyatakan bahwa Anda sedikit paham bahasa Inggris.
  5. “Arigatou gozaimasu. Kinou no densha ni noriokurete, tetsudatte kurete arigatou gozaimasu” – Ini adalah cara untuk mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan kepada Anda kemarin, ketika Anda terlambat menaiki kereta api.

 

Moraisu Dalam Kanji

Kata “moraimasu” ditulis dengan kanji sebagai berikut:

「もらいます」

Kanji pertama, 「もらい」, merupakan bentuk masu dari kata 「もらう」yang berarti “menerima”. Kanji kedua, 「ます」, merupakan bentuk masu dari kata 「ます」 yang berfungsi sebagai kata tambahan untuk menunjukkan tindakan yang sedang dilakukan.

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata “moraimasu” dalam kalimat bahasa Jepang dengan menggunakan kanji:

  1. 「お土産をもらいます。」 – “Saya akan menerima oleh-oleh.”
  2. 「今日はたくさんのお土産をもらいました。」 – “Hari ini saya menerima banyak oleh-oleh.”
  3. 「お金をもらいますか?」 – “Apakah Anda akan menerima uang?”
  4. 「もらいますよ。お金はいりますか?」 – “Ya, saya akan menerimanya. Apakah Anda membutuhkan uang?”

Iklan