3 Cara Membuat File TXT di Hp Android

Cara Membuat File TXT di Hp Android

Cara Membuat File TXT di Hp Android

Untuk membuat file teks atau file TXT di perangkat Android, Anda dapat menggunakan aplikasi pengolah teks seperti Google Docs atau Microsoft Word. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi pengolah teks yang Anda gunakan.
  2. Klik tombol “Buat dokumen baru” atau tombol yang mirip untuk membuka halaman baru.
  3. Ketik teks yang ingin Anda simpan ke dalam file TXT.
  4. Ketika Anda selesai mengetik, tekan tombol “Simpan” atau “Export” di bagian atas layar.
  5. Pilih “Simpan sebagai” dari menu yang muncul.
  6. Pilih lokasi penyimpanan file TXT yang ingin Anda simpan, misalnya di folder “Dokumen” atau di penyimpanan eksternal seperti kartu SD.
  7. Beri nama file TXT yang Anda inginkan dan pilih “TXT” dari menu drop-down “Format”.
  8. Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan file TXT Anda.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi editor teks sederhana seperti Jota Text Editor atau QuickEdit Text Editor untuk membuat file TXT di perangkat Android. Caranya sama dengan menggunakan aplikasi pengolah teks seperti Google Docs atau Microsoft Word, hanya saja interface-nya mungkin sedikit berbeda.

Cara Membuat File TXT di Hp Android Tanpa Aplikasi

Untuk membuat file teks atau file TXT di perangkat Android tanpa menggunakan aplikasi apapun, Anda dapat menggunakan fitur bawaan sistem operasi Android yang disebut “Notepad”. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi “Notepad” di perangkat Android Anda. Aplikasi ini biasanya terdapat di menu “Aplikasi” atau dapat dicari dengan menggunakan pencarian di layar utama.
  2. Ketik teks yang ingin Anda simpan ke dalam file TXT.
  3. ketika Anda selesai mengetik, tekan tombol “Menu” di bagian atas layar atau di samping kanan layar (tergantung pada tipe perangkat Android yang Anda gunakan).
  4. Pilih “Simpan” dari menu yang muncul.
  5. Beri nama file TXT yang ingin Anda simpan dan pilih lokasi penyimpanan yang ingin Anda gunakan. Anda dapat memilih untuk menyimpan file di penyimpanan internal atau di penyimpanan eksternal seperti kartu SD.
  6. Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan file TXT Anda.

Catatan: Anda mungkin perlu mengaktifkan fitur “Simpan sebagai file teks” di menu “Pengaturan” untuk dapat menyimpan file TXT dengan menggunakan fitur “Notepad”.

Selain menggunakan aplikasi “Notepad”, Anda juga dapat menggunakan aplikasi bawaan lain seperti “Memo” atau “Keep” untuk membuat file teks di perangkat Android Anda. Caranya sama dengan menggunakan aplikasi “Notepad”, hanya saja interface-nya mungkin sedikit berbeda.

Cara Membuat File TXT di Hp Android Dengan Website

Untuk membuat file teks atau file TXT melalui web, Anda dapat menggunakan aplikasi pengolah teks online seperti Google Docs atau Microsoft Office Online. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka halaman web aplikasi pengolah teks online yang ingin Anda gunakan, misalnya https://docs.google.com atau https://office.com.
  2. Login ke akun Anda jika diperlukan.
  3. Klik tombol “Buat dokumen baru” atau tombol yang mirip untuk membuka halaman baru.
  4. Ketik teks yang ingin Anda simpan ke dalam file TXT.
  5. ketika Anda selesai mengetik, tekan tombol “Simpan” atau “Export” di bagian atas layar.
  6. Pilih “Simpan sebagai” dari menu yang muncul.
  7. Pilih “TXT” dari menu drop-down “Format”.
  8. Beri nama file TXT yang ingin Anda simpan dan pilih lokasi penyimpanan yang ingin Anda gunakan. Anda dapat memilih untuk menyimpan file di akun Anda atau mengunduh file ke komputer Anda.
  9. Klik tombol “Simpan” atau “Unduh” untuk menyimpan file TXT Anda.

Anda juga dapat menggunakan situs web editor teks sederhana seperti https://notepag.es atau https://texteditor.net untuk membuat file TXT melalui web. Caranya sama dengan menggunakan aplikasi pengolah teks online seperti Google Docs atau Microsoft Office Online, hanya saja interface-nya mungkin sedikit berbeda.

Kesimpulan

Demikian Artikel kita kali ini, membahas Cara Membuat File TXT di Hp Android, semoga artikel ini memudahkan kalian untuk membuat file txt di android kalian.

Jangan Lupa baca semua artikel di web ini ya

 

Iklan