Smartband Murah Terbaik Berkualitas di Bawah 1 Jutaan

Smartband Murah Terbaik Berkualitas di Bawah 1 Jutaan
Smartband Murah Terbaik Berkualitas di Bawah 1 Jutaan

Smartband Murah Terbaik Berkualitas di Bawah 1 Jutaan

 

 

Bacaan Lainnya

Smartband Murah Terbaik – Dalam mendukung semua aktivitas sobat, pastinya sobat membutuhkan sebuah gadget sebagai pelengkap dan pendukung aktivitas tersebut. Mulai dari smartwatch atau bahkan smartband memang menjadi gadget yang paling sering digunakan oleh banyak orang.  Namun jika sobat memang membutuhkan gadget yang lebih ringan dan simpel maka smartband lebih cocok untuk digunakan.

Produk smartband juga memiliki banyak pilihan dari berbagai merk seperti FitBit, Xiaomi, Huawei dan Samsung. Harga yang relatif lebih murah namun dengan fitur yang sama lengkapnya dengan smartwatch, membuat popularitas dari smartband semakin meningkat. Dimensi yang lebih kecil juga memang menjadi alasan utama banyak orang lebih menyukai smartband daripada smartwatch.

Perbedaan Smartband dengan Smartwatch

Smartband termasuk ke dalam perangkat wearable yang memiliki fungsi sebagai pendamping dan mendata semua informasi kegiatan dan juga kesehatan sobat. Penggunaannya juga sama seperti smartwatch yang dapat dihubungkan dengan smartphone sobat menggunakan aplikasi yang disediakan oleh masing-masing merk. Jika memang fungsi dan juga penggunaannya sama, lalu apa bedanya antara smartband dengan smartwatch?

Yang paling mencolok adalah pada ukuran dan dimensi dari kedua perangkat ini. Smartwatch memiliki desain dan bentuk layaknya jam pada umumnya namun memilki fungsi dan juga fitur canggih yang dapat membantu sobat dalam kegiatan sehari-hari. Harga dari smartwatch juga cenderung lebih mahal dibandingkan dengan smartband, hal ini karena smartwatch menawarkan lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan smartband. Layar yang lebih luas dengan tampilan yang lebih bagus menjadikan smartwatch lebih leluasa untuk digunakan.

Berbeda dengan smartband, kebanyakan masih menggunakan layar monochrome. Namun seiring berkembangnya teknologi, smartband juga memiliki layar yang bagus dengan dukungan warna yang penuh juga. Hal ini membuat posisi smartband dapat menggantikan smartwatch namun memang khusus untuk sobat yang menyukai untuk menggunakan perangkat yang lebih ringkas dan simpel.

Fungsi utama dari smartband sebenarnya sebagai pendukung aktivitas olahraga dengan berbagai fungsinya. Sedangkan smartwatch memiliki fitur yang lebih banyak lagi, seperti dukungan kartu SIM, Wi-Fi, serta fitur lainnya seperti dapat membalas chat langsung dari smartwatch tersebut. Itulah perbedaan mendasar dan menjadikan smartwatch memiliki harga yang cenderung lebih mahal. Namun smartband juga tetap mempertahankan keringkasannya sehingga lebih cocok untuk sobat yang sering berolahraga.

Tips Memilih Smartband

Setelah mengetahui perbedaan antara keduanya, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai tips memilih smartband terbaik yang cocok untuk sobat sesuai dengan kebutuhan. Hal ini cukup penting untuk diperhatikan agar sobat juga tidak salah pilih dan menjadi  lebih mudah dalam menentukan pilihan nantinya.

Cari smartband dengan fitur yang sesuai

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, smartband memang lebih diperuntukan untuk digunakan sebagai pendamping ketika berolahraga. Karena hal ini, fitur mendasar yang pasti dimiliki oleh semua smartband adalah fitur fitness tracker. Dengan memiliki fitur seperti pengukur detak jantung, penghitung langkah, penghitung kalori yang terbakar dan juga tersedianya beberapa mode olahraga yang dapat dipillih. Dengan adanya mode olahraga, sobat dapat melakukan pemantauan aktivitas olahraga yang lebih spesifik untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi.

Tidak hanya untuk olahraga saja, namun fitur kesehatan juga biasanya sudah tersedia pada semua smartband. Seperti sleep tracking, idle alert dan lain sebagainya. Dengan begitu sobat dapat mengetahui kualitas tidur dan juga mendapat pengingat ketika terlalu lama duduk. Hal ini cukup penting mengingat aktivitas kita sehari-hari memang perlu ada yang mengingatkan demi mendapatkan kesehatan yang lebih baik lagi.

Perhatikan fitur ketahanan air

Sama seperti smartwatch, pada smartband juga biasanya sudah mengadopsi fitur tahan air. Dengan begitu perangkat ini sudah siap untuk digunakan kegiatan outdoor atau bahkan berenang sekalipun. Rata-rata smartband memiliki ketahanan hingga 5 ATM atau 50 meter di bawah permukaan air dan sudah aman digunakan ketika berenang.

Namun tidak semua smartband memiliki kemampuan ini, jadi perlu diperhatikan lebih jeli lagi, karena jika tidak memiliki fitur ini, sudah pasti smartband yang digunakan dapat rusak ketika kemasukkan air. Perhatikan juga untuk keterangan yang tertera pada kemasan untuk memastikan smartband tersebut sudah dapat digunakan di dalam air.

Ketahui kapasitas baterai dan daya tahannya

Hal penting selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika memilih smartband adalah dengan mengetahui kapasitas baterai dan juga ketahanan dari smartband itu sendiri. Biasanya pada kemasan produk akan memberikan keterangan bahwa smartband tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu tertentu. Kebanyakan smartband yang beredar sekarang dapat digunakan mulai dari 7 hari hingga 20 hari lamanya.

Jadi pastikan smartband yang akan dipilih memiliki ketahanan baterai yang sudah sesuai dengan kebutuhan sobat ya. Sehingga dapat mengurangi waktu sobat untuk melakukan pengisian daya ulang.

Ukuran dan desain juga perlu diperhatikan

Banyak smartband yang memiliki ukuran serta desain yang berbeda-beda. Mulai dari yang ringkas, hingga yang memiliki bentuk agak bulky. Strap yang digunakan dari smartband tersebut juga harus sesuai dengan kebutuhan dan selera sobat masing-masing. Karena bentuk dan juga dukungan strap mempengaruhi feel ketika sedang digunakan.

Layar sentuh lebih baik

Pada masa-masa awal dari smartband, hanya berfungsi sebagai alat tracking saja dan belum seperti sekarang yang sudah memiliki banyak fungsi yang lebih banyak mendukung kegiatan sobat. Setidaknya ada 2 jenis input yang diesediakan dari smartband, ada yang menggunakan satu tombol yang dapat digunakan sebagai navigasi utama, sehingga sobat harus menekan berkali-kali untuk menggunakannya. Namun ada juga yang sudah menggunakan layar sentuh yang memiliki navigasi lebih fleksibel. Smartband yang menggunakan layar sentuh sudah pasti lebih kami rekomendasikan karena memudahkan sobat dalam menggunakannya dan lebih mudah.

Rekomendasi Smartband Murah Berkualitas Terbaik

Jika sobat sudah mengetahui beberapa hal yang mungkin dapat membantu sobat dalam menentukan pilihan smartband yang akan dipilih, mari kita lanjutkan ke daftar smartband murah terbaik.

Smartband Vyatta FitMe Lite Gen 3

Vyatta FitMe Lite Gen 3

Dimulai dari Vyatta FitMe Lite Gen 3 untuk daftar smartband murah di bawah 1 jutaan. Smartband ini memiliki harga hanya 100 ribuan saja namun cukup bagus untuk digunakan. Memiliki user interface yang menarik sehingga memudahkan sobat untuk mengoperasikannya. Strap yang dimiliki juga memiliki bahan yang lembut dan cukup fleksibel sehingga sangat nyaman ketika digunakan untuk berolahraga sekalipun. Layar yang digunakan memiliki luas 0.96 inci dan sudah mendukung sentuhan di seluruh bagian untuk navigasinya.

Fitur dasar seperti pengukur detak jantung dan pengukur langkah juga sudah tersedia, bahkan sudah memiliki penghitung kalori yang terbakar dalam sehari. Tidak hanya itu saja, smartband ini juga dapat digunakan untuk memantau kualitas tidur sobat dan memiliki alarm untuk membangunkan sobat.

Harga: Rp 138.000

Smartband Huawei Honor Band 4

Huawei Honor Band 4

Seperti biasa, Huawei memang selalu menawarkan sebuah produk yang memiliki harga terjangkau namun tetap memberikan fitur yang lengkap. Huawei Honor Band 4 mungkin bisa dijadikan pilihan untuk sobat yang mencari Smartband Murah di bawah 1 jutaan namun dengan fitur yang lengkap. Memiliki layar dengan panel PMOLED dan luas layar 0.5 inci dan dilengkapi dengan touch pad untuk navigasinya. Fitur yang tersedia juga cukup lengkap dengan mode sport yang dapat mengukur kalori, langkah, jarak dan juga kecepatan ketika berjalan maupun berlari.

Adanya fitur tahan air hingga 5 ATM atau 50 meter membuat smartband ini sudah bisa diajak berenang. Model dari strap yang digunakan juga terkesan sporty dengan perpaduan 2 warna dan memiliki permukaan yang lembut sehingga nyaman untuk digunakan. Untuk bagian baterai sudah cukup baik dengan ketahanan hingga 12 hari dan waktu standby hingga 21 hari.

Harga: Rp 185.000

Smartband Xiaomi Mi Band 4

Smartband Xiaomi Mi Band 4

Setelah sukses dengan ke 3 generasi sebelumnya, Xiaomi mengeluarkan Xiaomi Mi Band 4 untuk menjadi penerusnya sebagai smartband murah terbaik berkualitas. Masih memiliki harga yang murah, namun tetap memberikan fitur dan kualitas terbaik dibandingkan dengan kompetitornya. Keunggulan pertama yang dapat dilihat adalah penggunaan panel Amoled pada layar yang digunakan. Dengan begitu, penggunaan di bawah terik matahari bukanlah sebuah masalah, karena tampilan layar akan tetap terlihat dengan jelas.

Fitur dasar seperti pengukur detak jantung dan juga sleep tracking sudah dipastikan ada pada Xiaomi Mi Band 4 ini. Tidak hanya itu saja, fitur fitness tracking juga sudah disediakan Xiaomi pada smartband ini. Misalnya seperti penghitung langkah, merekam aktivitas bersepeda atau lari hingga berenang dapat dilakukan pada Xiaomi Mi Band 4 ini.

Untuk aktivitas berenang, smartband murah berkualitas terbaik ini juga sudah dapat digunakan hingga kedalaman 5 ATM atau 50 meter. Salah satu keunggulan produk Xiaomi Mi Band adalah ketahanan baterainya yang luar biasa. Dengan sekali pengisian daya, sobat sudah dapat menggunakannya hingga 20 hari lho.

Harga: Rp 270.000

Smartband Realme Band

Realme Band

Setelah berfokus pada ponsel pintar dan juga audio seperti TWS, Realme juga mengeluarkan smartband murah terbaik dengan nama Realme Band. Layar yang dimiliki oleh Realme Band ini adalah 0.96 dengan panel masih TFT yang dapat dinavigasikan dengan sebuah tombol capatitive pada bagian bawah layar. Hebatnya, Realme Band ini sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP68 yang membuat smartband ini tahan akan air dan debu.

Fitur yang ditawarkan juga cukup lengkap dengan fitur dasar seperti sensor denyut nadi, fitness tracker, sleep tracker dan juga sudah dapat menampilkan notifikasi dari ponsel sobat juga. Memiliki kapasitas baterai 90mAh yang dapat digunakan hingga 9 hari dan dapat diisi dayanya tanpa kabel apapun, lho kok bisa? Realme Band ini untuk pengisian dayanya sudah langsung dapat dihubungkan dengan kepala charger, menarik bukan?

Harga: Rp 279.000

Smartband Huawei Honor Band 5

Huawei Honor Band 5

Tidak hanya memiliki produk smartwatch, namun Huawei juga memiliki produk smartband dengan Huawei Honor Band 5. Smartband yang memiliki harga relatif murah ini ternyata memiliki segudang fitur menarik di dalamnya lho sobat. Fitur dasar seperti heart sensor, sleep tracking dengan TruSleep dan juga beberapa fitur fitness tracking sudah tersedia lho di smartband ini. Bahkan fitur untuk mengukur kadar oksigen dalam darah juga sudah tersedia juga, keren bukan?

Ketahanan air memang menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui dan Huawei Honor Band 5 ini sudah dapat digunakan di dalam air hingga kedalaman 5 ATM atau 50 meter. Penggunaannya juga sudah kompatibel kok untuk ponsel Android maupun iOS dengan menggunakan aplikasi Huawei Health.

Oke kita bahas tentang desainnya, pada layarnya sudah menggunakan panel Amoled dengan luas layar 0.95 inci dan sudah dapat disentuh untuk navigasinya. Untuk bagian band atau strap nya, menggunakan bahan silikon yang nyaman untuk digunakan dan memiliki 3 pilihan warna, yaitu hitam, pink dan juga biru. Penguncian pada strap nya juga cukup bagus untuk menghindari terlepasnya smartband ini dari pergelangan tangan sobat ketika digunakan.

Harga: Rp 336.000

Smartband Amazfit Cor 2

Amazfit Cor 2

Selanjutnya pada daftar rekomendasi smartband murah berkualitas terbaik adalah Amazfit Cor 2. Smartband besutan Amazfit ini cukup menarik untuk dilirik. Dengan layar yang cukup luas yaitu 1.23 inci dan menggunakan panel IPS yang akan menampilkan informasi dengan baik meskipun di bawah sinar matahari sekalipun. Material bodi yang digunakan sudah menggunakan bahan stainless steel yang memberikan kesan kokoh.

Bahan strap yang digunakan adalah TPU yang cukup nyaman untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Lanjut ke bagian fitur, smartband ini dapat digunakan untuk memantau jumlah kalori yang terbakar, menghitung langkah kaki dalam sehari, pengukur detak jantung hingga sleep tracking juga sudah ada. Untuk sobat yang hobi berenang, jangan khawatir, smartband ini juga sudah dapat digunakan di dalam air karena memiliki ketahanan air hingga kedalaman 50 meter.

Untuk kapasitas baterai yang dimiliki memiliki ukuran 160mAh dengan penggunaan biasa dapat bertahan 12 hari dengan waktu standby mencapai 20 hari. Untuk melakukan pengisian daya juga hanya membutuhkan waktu 2.5 jam saja.

Harga: Rp 339.000

Smartband Xiaomi Mi Band 5

Xiaomi Mi Band 5

Produk terbaru dari Xiaomi ini memberikan beberapa perkembangan terbaru dari versi sebelumnya. Xiaomi Mi Band 5 sudah memiliki fitur dan spesifikasi yang lebih lengkap dibandingkan sebelumnya. Beberapa hal yang di-improve oleh Xiaomi adalah layar yang lebih luas dengan 1.2 inci dengan panel AMOLED dan sudah menggunakan charging magnet sehingga sobat tidak perlu repot melepas bodi dari strap. Jika sobat yang suka berfoto, smartband ini juga sudah dapat dijadikan remot untuk mengambil gambarnya.

Mode olahraga juga menjadi perhatian bagi Xiaomi, dengan begitu Xiaomi menambahkan mode olahraga menjadi 11 mode. Selanjutnya mengenai sensor yang dimiliki juga sudah cukup lengkap dengan tambahan sensor untuk mengukur kadar oksigen dalam darah dan sensor barometer. Kapasitas baterai yang dimiliki adalah 100mAh dengan ketahanan baterai hingga 14 hari.

Harga: Rp 363.000

Smartband Samsung Galaxy Fit E

Samsung Galaxy Fit E

Dalam penggunaan smartband untuk olahraga memang tidak boleh sampai mengganggu pergerakan sobat pastinya. Itulah yang ditawarkan Samsung Gaklaxy Fit E yang juga menjadi salah satu smartband . Dengan bobot yang sangat ringan yakni hanya 15 gram saja sudah pasti ketika menggunakan smartband ini terasa seperti tidak menggunakan apapun pada pergelangan tangan sobat. Layar yang digunakan memiliki ukuran 0.74 inci dengan panel PMOLED, namun sayang, untuk warna yang dihasilkan hanya hitam dan putih saja.

Dengan baterai hanya 70mAh saja memang masuk akal menggunakan layar monokrom, karena ini akan membuat ketahanan baterai menjadi lebih lama. Meski demikian, fitur-fitur penting tetap ada pada smartband ini, seperti pengukur detak jantung hingga pengukur kecepatan atau pedometer. Untuk pengisian daya juga sudah menggunakan magnet sehingga sangat praktis. Untuk ketahanan air, smartband ini juga sudah dapat digunakan di dalam air hingga kedalaman 50 meter, jadi sudah dipastikan smartband ini sudah dapat diajak berenang ya sobat.

Harga: Rp 525.000

Smartband Huawei Band 3 Pro

Huawei Band 3 Pro

Lagi-lagi Huawei memiliki produk smartband yang berkualitas, yaitu Huawei Band 3 Pro. Memiliki desain yang slimdan cocok untuk digunakan berolahraga. Luas layar yang dimiliki adalah 0.95 inci dengan panel AMOLED. Layar ini juga sudah mendukung sentuhan di seluruh bagian layarnya dengan respon yang sangat baik. Strap yang dimiliki dirasa kurang baik jika dignunakan untuk GYM dan disarankan mengganti strap nya terlebih dahulu.

Berbicara mengenai baterai, smartband ini dapat digunakan hingga 12 hari lamanya dengan penggunaan yang normal tanpa mengaktifkan heart rate monitor selama 24 jam. GPS yang tertanam pada smartband ini juga memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan akurasi yang tinggi juga terdapat pada pengukur denyut jantung juga.

Harga: Rp 615.000

Smartband Samsung Galaxy Fit2

Samsung Galaxy Fit2

Berbeda dengan Samsung Galaxy Fit E, pada Samsung Galaxy Fit2 ini membawa banyak sekali upgrade dari saudaranya sendiri dan juga masuk ke dalam smartband murah terbaik berkualitas. Memiliki desain dan bentuk yang lebih baik dan sudah mengusung AMOLED sebagai panel pada layarnya dengan bentuk layar yang curved sehingga menjadi lebih sporty dan keren. Layar pada smartband ini juga sudah full touch dan dapat dinavigasikan dengan swipe ke kanan atau ke kiri. Jika sebelumnya layar pada Samsung Galaxy Fit E hanya monokrom saja, pada Samsung Galaxy Fit2 ini sudah menggunakan layar full colour.

Untuk diajak berenang juga sudah bisa kok sobat, karena smartband ini sudah dapat digunakan di dalam air hingga kedalaman 50 meter. Pada notifikasi SMS atau chat, sobat juga dapat membalasnya langsung. Untuk ketahanan baterainya, smartband ini dapat digunakan hingga 15 hari dengan sekali pengisian daya. Fitur olahraga yang dimiliki juga sangat lengkap lho sobat, pada Samsung Galaxy Fit2 ini memiliki lebih dari 90n mode olahraga yang dapat diunduh dan disesuaikan dengan kebutuhan sobat.

Harga: Rp 650.000

Smartband Huawei Band 4 Pro

Huawei Band 4 Pro

Sebagai suksesor dari produk sebelumnya, Huawei Band 4 Pro ini membawa beberapa pembaruan dari sisi fiturnya dan masuk dalam daftar terakhir smartband murah terbaik di bawah 1 jutaan. Dimulai dari bagian layar yang sudah menggunakan panel AMOLED dengan ukuran layar 0.95 dan sudah touchscreen sehingga dapat digunakan dengan mudah. Untuk akurasi lokasi juga sudah tertanam GPS pada smartband ini. Tidak hanya itu saja, smartband ini juga sudah dilengkapi dengan NFC lho sobat yang tetntunya jarang ditemukan pada produk smartband.

Lanjut ke bagian fitur lainnya, untuk fitur sleep tracking sudah dilengkapi dengan TruSleep dari Huawei sendiri yang dapat memantau detak jantung dan menganalisa kualitas tidur sobat. Yang menarik adalah smartband ini dapat mengidentifikasi 6 tipe gangguan tidur dan dapat memberikan saran untuk mendapatkan kualitas tidur lebih baik lagi.

Fitur yang sedang naik daun seperti pengukur kadar oksigen dalam darah juga sudah hadir pada smartband ini. Sehingga sobat dapat memantau kualitas oksigen yang terdapat pada darah sobat. Untuk aktivitas sehari-hari, Huawei membekali mode olahraga yang cukup lengkap sehingga dapat sobat manfaatkan untuk menemani saat berolahraga.

Harga: Rp 950.000

Penutup

Kebutuhan akan gadget pada saat ini memang meningkat karena penggunaannya dapat memudahkan segala aktivitas sobat semuanya. Seperti smartband, yang dapat dijadikan alternatif jika sobat menginginkan bentuk yang lebih ringkas dan simpel daripada smartwatch. Fitur yang dimiliki smartband juga tidak kalah lengkap jika dibandingkan dengan smartwatch, mungkin hanya terdapat keterbatasan layar saja yang membuat smartband lebih inferior. Untuk hal lainnya, smartband adalah pilihan tepat untuk sobat yang ingin memantau kegiatan olahraga, kualitas tidur serta kesehatannya. Jadi sobat dapat memilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Demikian artikel mengenai Rekomendasi Smartband Murah Terbaik Berkualitas, semoga dapat memberikan referensi baru bagi sobat yang ingin membeli sebuah smartband. Nantikan terus artikel dari kami yang akan memberikan informasi mengenai teknologi serta berbagai rekomendasi lainnya, hanya di Rinidesu.com

 

Keyword : Smartband Murah Terbaik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.