Ads - After Header

So Desuka – Apa Benar Begitu di Jepang?

Rinidesu

Arti dari Ekspresi そう です か


Arti dari Ekspresi そう です か

Ekspresi bahasa Jepang “そう です か” (sou desu ka) adalah salah satu frasa yang sering muncul dalam percakapan sehari-hari di negeri Sakura, Jepang. Namun, tak sedikit juga dari wisatawan atau pelajar yang ingin mengetahui arti dari ekspresi ini. Karena itu, kali ini kita akan bahas sedikit mengenai arti dari ekspresi “そう です か” yang sering dipakai oleh orang Jepang.

Secara harfiah, “そう です か” (sou desu ka) berarti “Apakah benar seperti itu?” atau bisa juga diartikan sebagai “Apakah begitu?” atau “Apakah seperti itu?”. Namun, dalam percakapan sehari-hari, arti dari ekspresi ini tergantung pada situasi atau konteks percakapan yang sedang berlangsung. Jadi, jika kamu sedang berbicara dengan seseorang dan kamu menggunakan “そう です か” (sou desu ka) sebagai bentuk pertanyaan, artinya kamu sedang meminta klarifikasi untuk memastikan bahwa apa yang kamu dengar atau lihat adalah benar.

Misalnya, jika kamu sedang berkunjung ke Jepang dan bertemu dengan seseorang yang sedang memberimu petunjuk arah ke suatu tempat, kamu bisa menggunakan ekspresi ini untuk memastikan apakah arah yang kamu dengar itu benar atau tidak. Dalam situasi seperti ini, terkadang orang Jepang juga menggunakan frasa tambahan seperti “そうなんですか” (sou nan desu ka) yang memiliki arti lebih kurang sama dengan “そう です か”.

Di sisi lain, “そう です か” (sou desu ka) juga bisa digunakan sebagai bentuk respons pada sebuah informasi yang diberikan oleh lawan bicara. Ekspresi ini dapat diartikan sekitar “oh, begitu.” atau “oke, kalau begitu.”

Also Read

Bagikan:

Rinidesu

Rinidesu Merupakan Seorang Mahasiswi Sastra Jepang di Universitas Indonesia, Memiliki Passion Berbagi ilmu Bahasa Jepang Melalui Situs Rinidesu.com ini

Tags

Ads - Before Footer