-->

Penjelasan detail tentang KANJI (漢字) | Apa itu Kanji? Dan berapa jenisnya




KANJI
(漢字)

Minna-san Konnichiwa, gimana kabar kalian hari ini? Kuharap kalian semua baik-baik saja hari ini, jika tidak ya... Syukuri aja apa yang sedang terjadi ☺
Baiklah tak usah banyak basa-basi, hari ini kita akan belajar mengenai kanji. Kanji? Makanan apa itu? Bukan-bukan kanji bukanlah suatu makanan, kanji adalah salah satu dari 4 jenis penulisan huruf dalam bahasa Jepang, kanji terbilang penulisan huruf Jepang yang paling tinggi kastanya. Jadi persiapkan otak kalian untuk mencerna makanan ini ya😅 (-_-Dih gimana sih katanya bukan makanan?)

1. Apa itu kanji?
Kanji adalah aksara dari Tionghoa yang digunakan dalam bahasa Jepang, bahkan secara harfiah kanji berarti 'aksara dari Han(sebutan orang Jepang atas orang Tionghoa)'
Pada zaman dulu kanji juga disebut dengan mana (真名) atau Shinji (真字) untuk membedakannya dari Kana (sebutan untuk hiragana dan Katakana).

2. Fungsi
Kanji berfungsi untuk melambangkan ide atau konsep, semacam kata benda, akar kata kerja, akar kata sifat, dan kata keterangan).
Selain kata serapan, kanji dipakai untuk melambangkan hampir seluruh kosa kata yang berasal dari Tionghoa maupun Jepang. Bisa dikatakan hampir setiap kata memiliki bentuk atau lambangnya masing-masing.

3. Cara Baca
Dalam bahasa Jepang kanji memiliki dua cara baca,
A. Kunyomi
Kunyomi merupakan cara baca kanji dalam versi orang Jepang. Jauh sebelum kanji masuk ke Jepang, orang Jepang memiliki bahasa sendiri namun belum mengenal huruf. Maka dikemudian hari kata-kata asli Jepang tersebut diasosiasikan dan dilekatkan pada kanji tersebut.
Misal, dalam bahasa Tionghoa air disebut 'Shuǐ' memiliki bentuk kanji '', maka dalam kunyomi kanji tersebut dibaca 'Mizu' yang merupakan bahasa Jepang dari air
Kanji dibaca kunyomi jika kanji tersebut dalam satu kata hanya berdiri sendiri, sebagaimana kanji dari mizu diatas.
B. Onyomi
Onyomi merupakan cara baca kanji dalam versi asalnya yaitu Tionghoa atau Cina. Tak sepenuhnya versi Cina, namun lebih ke cara baca yang kira-kira paling dekat dengan cara baca Cina menurut telinga orang Jepang.
Kanji dibaca Onyomi jika kanji tersebut dalam 'satu kata' berdampingan dengan kanji lainnya
Ingat! Bahasa Jepang air adalah 'mizu' sedangkan bahasa Tionghoa atau cina adalah 'Shuǐ'. Kedua kosa kata itu memiliki satu huruf yang sama yaitu .
<- Dibaca mizu karena berdiri sendiri
水道 <- Dibaca Shuǐdou bukan mizumichi(Michi merupakan bacaan kunyomi dari kanji ) dikarenakan dalam satu kata itu memiliki kanji lebih dari satu
Sebagai catatan: meskipun dalam satu kata terdapat lebih dari satu kanji pada nama, kanji tersebut tetap dibaca kunyomi.

4. Sama Bunyi Beda Huruf dan Arti
Sebagai pengingat terkadang meski bunyi suatu kosa kata sama, namun memiliki kanji yang berbeda. Misalkan dalam bahasa Jepang kita menemukan kosa kata berbunyi 'Ha', belum pasti memiliki satu arti yang sama, karna meski bunyinya sama jika penulisan kanjinya beda, maka artinya beda pula.

5. Jumlah Kanji
Menurut DaiKan-WaJiten jumlah Kanji yang tercatat mencapai 50305, namun kalian tak perlu khawatir karna kanji yang perlu dihafal tak mencapai sepersepuluhnya, yaitu hanya 2000 saja (:v) yang sering disebut JouYou kanji.

Nah... Sementara cukup sampai disitu pengenalan kita terhadap kanji, jika menurut kalian ada informasi yang kurang jangan lupa untuk komen dibawah ya😚
Oh ya... Untuk huruf-huruf kanji apa saja yang patut dihafal itu yaitu JouYou kanji, akan kami bagaikan lain waktu.
Sore ja... Sayounara 👋

0 Response to "Penjelasan detail tentang KANJI (漢字) | Apa itu Kanji? Dan berapa jenisnya"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan atau saran anda!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel